Kamis, 27 Maret 2008

Ring Tone Back menjadi Media Kampanye Pilgub Jawa Barat

Oleh: Najib


Ketik Ring ON XXXX untuk Aktivasi


Demikian salah satu iklan menyampaikan tata cara aktivasi berlangganan ringtone back dari salah satu operator celular.
Fenomena penggunaan media handphone sebagai alat kampanye, merupakan trend baru yang sedang berkembang dikalangan politisi pada saat ini. Tidak perlu bertatap langsung dengan calon pemilih dan tidak perlu lagi melakukan hal hal yang bersifat konvensional.
Adalah inovasi yang secara cerdik memanfaatkan kecanggihan teknologi dan market yang sedang berkembang pada saat ini. Ketiga pasangan pun terlihat memaksimalkan fasilitas teknologi tersebut.
Ringtone back sebagai salah satu fitur yang berkembang sekitar 3 tahun yang lalu, menjanjikan keuntungan yang luarbiasa. Pada tahapan awal, mereka memanfaatkan lagu lagu hit yang sedang populer dikalangan masyarakat untuk dijadikan ringtone back (nada Sambung telp).
Namun pada perjalananya kalangan politisi pun memanfaatkan fitur tersebut untuk dijadikan media kampanye.
Penulis tidak mengetahui secara pasti, apakah dalam aturan atau tata tertib kampanye ringtone back tersebut masuk kedalam klausul tata cara kampanye atau tidak. Perlu sebuah pertimbangan yang matang untuk itu, sekaligus menjadi pr bagi para pembuat aturan kampanye pilkada maupun pada pemilihan pemilihan yang lainya.
Namun yang jelas dari aspek business bagi para operator celular, ringtoneback telah dijadikan segmen market yang menjanjikan keuntungan.
Bagi para politisi tentunya akan selalu mengikuti perkembangan teknologi yang effisien dan effektif dalam mengunakan fitur fitur yang canggih sebagai media kampanye.
Saran kami download n nikmati kecanggihan tekonolgi tersebut.
Salam
Thanks H didit atas inovasinya


Hade Ketik RING SPASI ON SPASI 725OOO3
FLEXI KIRIM ke 1212

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bapa najib damang sok atuh geura rada dipercantik blogna ,bilih bade tiasa diabntos ku abdi .....Tubagus madya ( iya ) linggih atuh ka blog abdi
www.iyalucu08.blogspot.com dijamin tidak ada politik.... he he

Bewara Keur Balarea mengatakan...

Nuhun cep iya, kamana wae bapa teh